Bunga Kantil,Mitos Dan Manfaatnya

by EYANKGHAIB® on 02:26 PM, 12-Jan-12

kantil-cempaka-putih.jpg Bunga kantil atau bunga cempaka putih, konon disebut sebagai bunga yang memiliki unsur magis. Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil yang khas sangat disukai oleh kuntilanak, sejenis makhlus halus berjenis kelamin perempuan. Kuntilanak, menurut mitos ini, sering menjadikan pohon kantil (cempaka putih) sebagai rumah tempat tinggalnya. Terlepas dari mitos tersebut, kantil mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, terutama Jawa Tengah baik dalam prosesi perkawinan maupun kematian. Dalam tradisi masyarakat Jawa, setiap mengadakan pesta pernikahan selalu menggunakan bunga kantil untuk menghias rambut. Ini diberikan kepada kedua pasangan pengantin, baik yang laki-laki maupun perempuan. Demikian pula tradisi di Pulau Dewata Bali, bunga yang memiliki nama latin michelia alba ini dipakai untuk pewangi rambut dengan cara menyelipkannya di sela-sela rambut pengantin. Menurut mitos yang beredar, bunga kantil dipercaya dapat mendeteksi keperawanan sang pengantin. Konon, jika sang pengantin wanita sudah tidak gadis lagi, maka bunga kantil yang dikenakkan tidak beraroma wangi dan bunga kantil akan terbuka, tidak menguncup. Sebaliknya jika sang pengantin wanita masih perawan, bunga kantil tetap menguncup dan menebar semerbak aroma mewangi. Bunga kantil juga sering dikaitkan dengan dunia makhluk halus. Konon bagi orang yang percaya hal mistis, bunga kantil adalah bunga yang disenangi makhluk halus seperti jin dan sebagainya. Bunga kantil selain digunakan dalam proses upacara pengantin, juga sebagai jembatan untuk memanggil makhluk halus. Biasanya, bunga Kantil yang digunakan sebagai alat memanggil makhluk halus digabung dengan sesaji. Arti bunga Kantil dalam bahasa Jawa adalah menggantung. Bunga Kantil mempunyai makna ritual yaitu kemantil-kantil yang artinya selalu ingat dimanapun berada atau tetap mempunyai hubungan yang erat walaupun alamnya sudah berbeda. Filosofi inilah yang menjadikan kebanggaan bagi masyarakat Jawa, dan salah satu bentuk apresiasinya adalah penghargaan dalam bentuk karya seni yang beragam seperti dalam ukiran, lukisan batik dan sebagainya. Bunga Kantil dapat tumbuh sampai ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Penyebaran tumbuhan ini dari Asia tropis sampai ke pulau-pulau di Pasifik. Pemanfaatan Bunga Kantil ini umumnya dilakukan pada upacara perkawinan (hiasan sanggul dan keris-red) dan pada upacara kematian, termasuk tabur bunga atau nyekar. Secara medis, bunga, batang, daun kantil (Michelia alba) mengandung alkaloid mikelarbina dan liriodenina yang mempunyai khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik. Karena kandungan yang dipunyainya, kantil dipercaya dapat menjadi obat alternatif bagi berbagai penyakit seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Sayangnya khasiat yang dipunyai oleh bunga cempaka putih ini belum tereksplorasi secara maksimal. Sehingga meski saat ini mulai ada yang berusaha membudidayakan tanaman ini tetapi pemanfaatannya lebih banyak untuk acara-acara spiritual dan tradisi. Menyimak mitos dan kandungan medis yang menyertai fauna identitas provinsi Jawa Tengah ini, kini tergantung kepada masing- masing kita. Apakah lebih mempercayai tanaman ini sebagai rumah kuntilanak atau justru menyadari khasiat medis sebagai obat alternatif yang amat bermanfaat.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

32 responses to "Bunga Kantil,Mitos Dan Manfaatnya"

anakdilam [02:55 PM, 12-Jan-12]

bermanfaat sekali artikelnya eyang,jdi tau apa arti&fungsi bunga cempaka putih itu sendirilol
thanks infonya!

moeh aoet [05:04 PM, 12-Jan-12]

haturnuhun eyang

Sigit [10:23 PM, 12-Jan-12]

absen malam boss
Sukses selalu smile

Maesa GT™ [12:09 AM, 13-Jan-12]

Mantap infonya eyang...


Rgds.

zawix [07:33 AM, 13-Jan-12]

kunjungan pagi+nyimak ja sob

jgn lupa dukunganya
http://nzawix.heck.in/ayo-ngeblog-biar-gak-goblog.xhtml

http://nzawix.heck.in/menjadi-pemenang-bukanlah-tujuan.xhtml
http://nzawix.heck.in/ultrabook-netbook-tipis-harga-murah-terbaik.xhtml

Jongos [07:58 AM, 14-Jan-12]

lama tak kunjung nech,lg bnyak kesibukan.maafin za eyanx

UDIN [09:02 AM, 17-Jan-12]

gmn cara bikinnya utk obat batuk dan demam eyang,direbus,ditumbuk'mohon penjelasannya,makasih

EYANKGHAIB® [02:11 PM, 17-Jan-12]

Untuk pemakaian luar, bunga direbus
dengan airnya dipakai untuk mandi.
Sedangkan pemakaian dalam: 15-30
gram daun atau bunga kering, direbus
lalu airnya diminum.
Khasiat bunga cempaka untuk mengatasi
masalah bau badan dan ketiak, caranya
ambil bunga cempaka putih, daun sirih
masing-masing secukupnya direbus
dengan air secukupnya lalu airnya
digunakan untuk mandi setelah airnya
hangat.
Untuk mengatasi sinusitis dengan
menggunakan 30 gram bunga cempaka
putih kering, 30 gram daun mint/
menthol, 15 gram jahe, 2 batang daun
bawang putih direbus dengan 800 cc air
hingga tersisa 400 cc air, lalu airnya
diminum untuk 2 kali sehari masing-
masing 200 cc.
Mengobati masalah vertigo (kepala
pusing) dengan menggunakan 5-7
kuntum bunga cempaka putih kering
direbus dengan 500 cc air hingga tersisa
200 cc, kemudian airnya diminum selagi
hangat.
Atasi masalah perut kembung dengan
menggunakan 5 kuntum bunga cempaka
putih, 5 gram kulit jeruk keprok atau
jeruk mandarin kering, 3 butir kapulaga,
15 gram jahe direbus dengan 700 cc air
hingga tersisa 300 cc, kemudian disaring
dan diminum selagi hangat.
Mengobati masalah keputihan dengan
menggunakan 30 gram bunga cempaka
putih kering, 60 gram jali (direndam
dahulu hingga lembut), 15 gram kulit
delima kering direbus dengan air
secukupnya dan air rebusannya diminum
selagi hangat sedangkan jalinya
dimakan.
Atasi masalah radang Saluran
pernapasan dengan menggunakan 15
gram daun cempaka putih, 15 gram
pahap (umbi bunga lili), 5 gram kulit
jeruk mandarin kering direbus dengan
500 cc air hingga tersisa 200 cc lalu
airnya diminum selagi hangat; atau 15
gram bunga cempaka putih kering
ditambahkan air secukupnya lalu ditim,
kemudian airnya ditambahkan madu
secukupnya dan diminum selagi hangat.
Lakukan secara teratur.
Bila dada terasa penuh/begah, ambil 15
gram bunga cempaka putih kering
direbus dengan 500 cc air hingga tersisa
300 cc, lalu airnya diminum selagi
hangat.
Untuk pembesaran prostat. gunakan 30
gram daun cempaka putih kering, 30
gram daun kumis kucing segar, dan 30
gram daun sendok segar direbus dengan
air 700 cc hingga tersisa 300 cc, lalu
airnya diminum selagi hangat.
Mengatasi masalah bau badan dengan
menggunakan 30 gram cempaka putih,
gula batu secukupnya direbus dengan air
secukupnya, airnya diminum.
Mengobati batuk rejan, batuk berdahak:
5-7 kuntum bunga cempaka putih, 10
gram jahe, 10 gram kulit jeruk mandarin
kering direbus dengan 600 cc air hingga
tersisa 300 cc, tambahkan madu
secukupnya dan diminum. Lakukan dua
kali sehari masing-masing 150 cc.
Catatan:
Jali dapat dibeli di supermarket atau
pasar tradisional; Pahap/umbi bunga lili
dapat dibeli di toko obat Tionghoa atau
supermarket. Lakukan pengobatan
secara teratur sesuai yang dianjurkan,
dan untuk penyakit yang serius tetap
konsultasi ke dokter.
[Prof HM Hembing Wijayakusuma

Enjoy4u [04:34 PM, 20-Feb-12]

Salam,alhamdulillah,info bgus,thx.

meimei [09:56 AM, 10-Mar-12]

terima kasih...info ini sangat membantu kami kaum hawa

ivan [08:04 PM, 27-Mar-12]

eyank sy mau tanya,
Saya temui bunga kantil 7 d lemari sy,maksud nya apa?
Mhon jwban nya eyank

sari [05:49 PM, 02-Jul-12]

kalo mengambil 1 bunga kantil pada pengantin, apa maknanya?

EYANKGHAIB® [09:01 PM, 02-Jul-12]

kalau kita bisa mengambil salah satu dari
untaian kembang kantil/bunga melati yang dipasang di
hiasan kepala pengantin wanita, atau
yang menjuntai di keris sang pengantin
pria tanpa diketahui kedua mempelai, percaya atau tidak, konon ceritanya, si
‘pencuri’ melati bisa segera menyusul
sang pengantin menuju jenjang
pernikahansmile

Dina fitriani [03:54 PM, 23-Aug-12]

Eyang knpa pke AXSIS eyang
hahaha.... smile
Maaf eyang
makasih attas informasi nya ...... biggrin

shifa v-three [11:50 AM, 07-Sep-12]

maaf eyang,, saya mau tanya.. apa benar bunga kantil dapat menyembuhkan dr hal magis seperti diteluh?.. bagaimana cara penyembuhannya?..

EYANKGHAIB® [09:47 PM, 07-Sep-12]

eyank kurang tau nduk? Tp coba ke alamat ini
http://kampussamudrailmuhikmah.wordpress.com/2011/03/31/doa-cara-melepaskan-teluh/

diana [09:14 PM, 21-Sep-12]

maaf sbelumnya ..

eyank ... dirumahku kan ada pohon cempaka..tingginya melebihi atap genteng.. dan di huni makhluk gaib gitu.. siang bolong aja sering anak2 teriak histeris ketakutan, apalagi mlm. gimana caranya agar makhluk itu ga mau lagi nempai pohon itu. dulu alm papa beli anak pohonnya di malaysia,setiap dahan yg baru tumbuh sllu di potong agar tidak tinggi, tetapi tetap saja tinggi menjulang.

mitos yg eyank katakan emang bener tuh. dan sering di cari2 bunga itu .. ada katanya buat mandi kembang, setiap kamis sore pada datang mencari kembang yang masih blom terlalu mekar... tapi aku sndiri blom pernah makai. makasi atas infonya.. aku sering mengalami vertigo. ntar kucoba pengobatannya pake itu...

Nurlaela [12:55 PM, 15-Oct-12]

Makasi infonya.

dhani [09:52 AM, 03-Nov-12]

apa makna arti cengkeh di dunia kejawen????

Adrian [11:19 AM, 25-Jan-13]

adiku pernah mandi kembang.memang sh byk yg naksir stlh itu,tp yg heran,direkturny yg udah tua itu ngejer2 dia.sampe dia ketakutan.lalu hrus gmana?

Pair [11:15 AM, 25-Mar-13]

selamat menikamati bunga kanthil yang harum mewangi

dewi nawang wulan....... [01:08 PM, 13-Apr-13]

sy sedang mencari Bunga Kantil merah....Apa eyang bs membantu saya...........mahar nanti sya ganti..HBNGI no 085725645024.....

angin duwi saxah atau edi. [02:01 PM, 21-Apr-13]

eyang,kl boleh tau...
saya tanya..
guna'y dan mitos kembang kantil kuning itu buwat apa...
itu saja dan terima kasih...

gtrader [11:02 AM, 05-May-13]

sy memerlukan kembang kantil merah 2 biji untuk pengobatan ....mohon bantuannya eyang....catur no 081230985002....

EYANKGHAIB® [06:48 PM, 05-May-13]

@gtrader, coba ke alamat ini gan...
www.andriwiyasa.com/2011/09/jual-cempaka-merah-campaka-merah.html?m=1

hudailham [10:25 AM, 10-Jun-13]

infonya sangat membantu sekali...
saya sangat terbantu dengan info ini, apa kah penyakit guna2 bisa di sembuhkan

si cempaka [01:44 AM, 14-Sep-13]

Ass..
Saya mau bertanya atau sekedar sharing kpd eyang tentang mimpi saya yg sampai saat ini saya masih belum menemukan jawabanny..
Didalam mimpi itu saya selalu dipanggil2 "si cempaka" oleh orang2 yg sedang berkumpul namun saya sendiri tidak tau syapa mereka,tp ada satu orang yg tidak asing (yg sering muncul didalam mimpi saya)kakek2 bersorban,dan dimimpi itu saya seperti orang yg sangat dinantikan kehadiranny.
Namun setelah mimpi itu,dan ketika kakek saya baru beberapa menit meninggal saya dipesankan oleh beliau, sangat jelas suarany seperti saat kami mengobrol biasa. begitu pula dengan kakek saya satu lg,baru beberapa detik beliau mulih,beliau berpamitan dan menyampaikan pesan jg dan sangat jelas jg suarany. Saya berfikir kenapa bukan ke bapak atau paman2 saya yg lebih mengerti atau lebih tua,kenapa hanya saya yg mendapat pesan tsb.
hingga saat ini saya masih banyak pertanyaan2 tentang hal aneh tsb.
mohon pencerahanny eyang,semoga bisa bermanfaat.
Dan trimakasih sebelumnya..

toki [05:46 PM, 20-Jan-14]

Ma'af mau nanya eyang akuu kan kemaren nyuri bunga kantil yang ada pada sipengatin wanita terus kalo mau buat mikat cewek apa do'a nya?

yont [08:31 AM, 21-Jan-14]

mantaappp.... makasih infonya.

yont cempaka [08:34 AM, 21-Jan-14]

mantaappp.... makasih infonya...

Na krizna [06:37 PM, 02-Feb-14]

mantap

Daely joeviks [03:55 AM, 05-Mar-14]

Mkasih infonya moga brmanfat bgi xg mmbacanya

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images